Kamis, 06 Oktober 2016

Karakteristik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Welcome, Selamat Membaca dan Semoga Bermanfaat


Definisi pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu - bisa diukur dengan ukuran berat, panjang, umur tulang dan keseimbangan tulang. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan. 
Pertumbuhan :
-perubahan fisik
-peningkatan jumlah sel
-ukuran
-kuantitatif
-tinggi badan, berat badan, ukuran tulang, gigi
-pola bervariasi
Perkembangan :
-kualitatif
-maturation
-sistematis, progresif dan berkesinambungan
Ciri-ciri tumbuh kembang
-perubahan dalam aspek fisik dan psikis
-perubahan dalam proporsi
-Hilangnya tanda-tanda yang lama
-Munculnya tanda-tanda baru

Prinsip-prinsip pertumbuhan perkembangan
-proses yang teratur, berurutan, rapi dan kontinyu --- maturasi, lingkungan dan faktor genetik
-pola yang sama, konsisten dan kronologis, dapat diprediksi
-variasi waktu muncul, lama, dan efek dari tiap tahapan tumbuh kembang
-mempunyai ciri khas
-Never ending process --seumur hidup dan meliputi seluruh aspek
-Cephalocaudal: dari kepala ke ekor
-Proximodistal: dari pusat tubuh ke tepi tubuh
-perkembangan suatu aspek dapat dipercepat atau diperlambat
-perkembangan aspek-aspek tertentu berjalan sejajar atau berkorelasi dengan aspek lainnya
-perkembangan terjadi dalam tempo yang berlainan

Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang

1. Faktor genetik

-faktor keturunan -- masa konsepsi
-bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan
-menentukan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin, ras, rambut, warna mata, pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti temperamen
-Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal.

2. Faktor eksternal / lingkungan
-mempengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan
-faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya. Faktor eksternal meliputi

a. keluarga

nilai, kepercayaan, adat istiadat, dan pola interaksi dan komunikasi. Fungsi :bertahan hidup, rasa aman, perkembangan emosi dan sosial, penjelasan mengenai masyarakat dan dunia, dan membantu mempelajari peran dan perilaku

b. Kelompok teman sebaya

lingkungan yang baru dan berbeda, memberi pola dan struktur yang berbeda dalam interaksi dan komunikasi, dan memerlukan gaya perilaku yang berbeda. fungsi: belajar kesuksesan dan kegagalan, memvalidasi dan menantang pemikiran dan perasaan, mendapatkan penerimaan, dukungan dan penolakan sebagai manusia unik yang merupakan bagian dari keluarga/kelompok; dan untuk mencapai tujuan kelompok dengan memenuhi kebutuhan dan harapan.

c. Pengalaman hidup

pengalaman hidup dan proses pembelajaran membuat individu berkembang dengan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari. Tahapan proses pembelajaran:
-mengenali kebutuhan
-penguasaan ketrampilan
-menjalankan tugas
-integrasi ke dalam seluruh fungsi
-mengembangkan penampilan perilaku yang efektif

d. Kesehatan

-Tingkat kesehatan --- respon individu terhadap lingkungan dan respon orang lain pada individu.
-Kesehatan prenatal (sebelum bayi lahir) mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari fetal (janin).
-Nutrisi adekuat ---- perkembangan optimal.
-Keseimbangan antara istirahat, tidur dan olahraga.
-Kondisi sakit --- ketidakmampuan untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan --- tumbuh kembang terganggu.

e. Lingkungan tempat tinggal

Musim, iklim, kehidupan sehari-hari dan status sosial ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar