Sabtu, 24 September 2016

Perkembangan Fisik Motorik Tiap Anak Berbeda

Secara umum, proses perkembangan anak berjalan alamiah dan ditandai dengan pola dan karakteristik yang sedikit banyak bisa diramalkan. Misalnya, di usia kira-kira 3 bulan, umumnya bayi sudah bisa mengangkat kepalanya. Pada usia sekitar 8 bulan, bayi sudah mulai belajar duduk sendiri. Namun begitu, masing-masing anak memiliki waktu "kematangannya" sendiri untuk bisa menguasai suatu ketrampilan tertentu.

Memang seringkali muncul pertanyaan dari orangtua, "bagaimana bila anak saya yang berusia kira-kira 14 bulan belum bisa berjalan? Apakah ia mengalami keterlambatan?". Selain itu, berbagai pertanyaan seputar bayi yang lahir prematur juga kerap muncul. Bayi-bayi prematur lahir terlalu cepat dan tentunya memiliki proses kematangan yang berbeda dengan bayi lahir cukup bulan. Pertanyaannya, "Apakah patokan-patokan tumbuh kembang itu juga berlaku untuk mereka?" Kapan seorang anak dikatakan terlambat mencapai kemampuan atau ketrampilan tertentu?

Untuk itulah kecermatan orangtua diperlukan untuk mengamati apakah kemampuan atau ketrampilan tertentu belum bisa dilakukan si kecil sampai batas rentang usia seharusnya. Orangtua perlu menelusuri mengapa hal itu terjadi. Biasanya, orangtua yang merasa menghadapi masalah seputar perkembangan anak, akan berbagi cerita dengan orangtua lain, kakak, guru anak di sekolah atau kenalan lain yang dianggap lebih berpengalaman dalam mengatasi permasalahan anak. Jangan pernah lupa bahwa perkembangan setiap anak berbeda, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa dipengaruhi oleh gen (pembawaan), gizi anak, faktor lingkungan, adanya suatu penyakit,
dll.

Jangan lupa Share jika informasi ini bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar